Senin, 28 Maret 2011

sesaji raja suya

Dikisahkan, Pandawa ingin mensyukuri kebesaran dan kemakmuran yang telah dicapai oleh Negara Indraprastha dengan Sesaji Raja Suya. Sesaji ini mensyaratkan, harus didukung oleh 100 raja dengan sukarela, 100 satwa air, 100 satwa hutan, serta 100 hasil tanaman.
Sementara itu tempat lain yakni Kerajaan Giribaja, dengan Prabu Jasa Randa juga berencana mengadakan sesaji yakni Sesaji Kalalodra. Sesaji ini kebalikan dari Sesaji Raja Suya yakni mensyaratkan 100 raja untuk dikorbankan sebagai tumbal.
Negara Giribaja telah berhasil mengumpulkan 97 raja yang sudah dipenjarakan, sehingga kurang tiga raja. Untuk melengkapinya, Senopati Hamsa dan Dimhaka diutus oleh Jasaranda untuk menaklukkan Amarta, Dwarawati, dan Madura. Mereka ialah tiga raja yang belum berhasil ditaklukkan.
Untuk membebaskan para raja yang ditawan, Kresna, Bima, dan Arjuna dari Pandawa menyamar sebagai brahmana dan berhasil menyusup ke Negara Giribraja dan menantang Prabu Jasaranda. Pertempuran sengit pun terjadi hingga akhirnya Prabu Jasaranda kalah dan raja-raja yang ditawan dapat dibebaskan. Di akhir cerita, dengan sukarela ke-97 raja bersama dengan tiga raja bergabung untuk mendukung terlaksananya Sesaji Raja Suya.

1 komentar:

Rental Mobil Malang | Sewa Mobil Malang mengatakan...

Artikel Bagus, Suka saya Baca Nya menarik sekali